Universitas Panji Sakti Singaraja, Bali, Indonesia | humas@unipas.ac.id | (0362) 23 588

Sejarah Universitas Panji Sakti

Universitas Panji Sakti yang disingkat UNIPAS lahir pada 4 September 1985. Unipas diasuh oleh Yayasan Korpri Panji Sakti, Singaraja. Pada awal berdirinya Unipas memiliki lima Fakultas dengan tujuh jurusan dan delapan program studi, yaitu: Fakultas Pertanian Jurusan/Program Studi Budi Daya Pertanian, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Perusahaan, Fakultas Hukum Jurusan/Program Studi llmu Hukum, Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Negara, dan Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan dengan 3 jurusan, yakni: Jurusan Pendidikan Matematika dan llmu Pengetahuan AIam Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Koperasi dan Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan llmu Pendidikan Program Studi Psikolagi Pendidikan dan Bimbingan.

Latar belakang didirikannya Unipas pada waktu tersebut adalah:

  • Jenis dan Lulusan SMTA di Kabupaten Bulelng dari tahun ke tahun terus meningkat, belum lagi ditambah lulusan dari luar Kabupaten Buleleng
  • Munculnya peraturan baru yang mengijinkan PTN/PTS membuka kelas jauh. Sebagaimana diketahui di Singaraja pernah ada sejumlah PTS dengan status kelas jauh, yaitu :
    1. Universitas Ngurah Rai
    2. Universitas Bali
    3. STIPOL Wira Bakti Singaraja
    4. lKIP PGRI Singaraja
    5. FKIP Universitas Warmadewa

    Sehingga bekas mahasiswa PTS tersebut harus ditampung oleh suatu Universitas yang didirikan di Singaraja.

  • Keinginan masyarakat serta dukungan pemerintah. Hal ini sehubungan dengan sulitnya mempertahankan FKIP Unud untuk tetap di Singaraja.

Oleh karena Singaraja merupakan kota pelajar, maka harus ada Perguruaan Tinggi alternatif untuk mempertahankan status kota pelajar tersebut. Berdirinya Unipas telah diresmikan ole.h Gubemur Bali dengan penandatanganan prasasti pada hari Rabu wage tanggal 4 September 1985 bertempat di Atiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng di Singaraja.